Pada fase persiapan berat badan dalam tolak peluru berada di

Sikap posisi awal tidak seimbang, kaki kanan melakukan gerakan lompatan. Sikap awal berdiri menyamping dengan sektor tolakan berada di sektor kiri tubuhnya, lutut kaki kanan ditekuk, sedangkan kaki kiri diluruskan ke belakang.

Tangan kanan dibengkokkan berada di depan sedikit agak ke bawah badan, tangan atau lengan kiri lemas lurus ke belakang untuk membantu menjaga keseimbangan. Postingan Terkait: Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan. Teknik Memegang Peluru Cara memegang peluru, yaitu: Berat Peluru Peluru merupakan bola padat yang terbuat dari besi, baja, atau kuninfan.

Cara melakukan memegang peluru adalah sebagai berikut. Penggunaan istilah tersebut disesuaikan dengan peraturan cara melepaskan peluru, yaitu dengan cara didorong atau ditolakkan, istilah dalam bahasa Inggris adalah the short put.

Tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan. Gerakan kaki terlalu ke samping kiri. Sikap akhir, berat badan berada di kaki kanan diusahakan tubuh tidak ke luar dari lingkaran.

5 Teknik dasar tolak peluru dan penjelasannya

Pada saat ini pelempar menghentikan laju badan ke depan melalui pergantian kaki, tungkai kiri bergerak ke belakang dan tungkai kanan bergerak ke depan, berat badan dipindahkan ke tungkai kanan dan badan diturunkan ke arah bawah. Putarlah kaki kanan ke dalam selama meluncur. Tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan.

Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Selanjutnya tekuk tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan.

Putarlah kaki kanan ke dalam selama meluncur. Postingan Terkait: Pinggul digeser menyamping berat badan di antara kedua kaki. Gaya samping, sikap pemula berdiri miring dengan menggunakan tangan kanan. Siku diangkat ke samping, sedikit serong ke depan. Siku yang memegang peluru agak dibuka ke samping dan tangan satunya rileks di samping kiri badan.

Gaya tersebut dipergunakan pada saat penyelenggaraan Olimpiade Helsinky pada tahun Pada waktu memegang dan meletakkan peluru pada bahu, usahakan agar seluruh badan dan tangan dalam keadaan lemas rileks.

Tolakan masih dengan kedua tangan tetapi beben diutamakan pada tangan tolak atau tangan terkuat. Lanjutkan dengan tolakan kaki kanan dengan lutut lurus disertai dengan memutar badan kea rah tolakan dan tangan mendorong peluru sekuat-kuatnya ke depan.

Caranya ialah: Setelah peluru yang ditolakkan atau didorong tersebut lepas dari tangan, secepatnya kaki yang dipergunakan untuk menolak itu diturunkan atau mendarat kaki kanan kira-kira menempati tempat bekas kaki kiri kaki depandengan lutut agak dibengkokkan.

Jari-jari renggang. Menaruh peluru dibelakang kepala 6. Gaya tersebut masih umum digunakan, terutama untuk para atlite pemula termasuk untuk anak sekolah baik SMP, SMA dan sederajat. Tangan dari lengan yang lain membantu menjaga keseimbangan.

Untuk mencapai tolakan yang jauh, seorang atlet harus memahami dan menguasai teknik tolak peluru. Jari-jari tangan direnggangkan atau dibuka, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk dipergunakan untuk menekan dan memegang peluru bagian belakang.

Peluru siap dipegang pada tangan kanan lalu diletakkan dipangkal leher seperti yang disebutkan diatas yakni cara memegang peluru pada tolak peluru. Perhatikan gambar peragaan di bawah ini!

Kedua kaki mendarat dengan telapak kaki sementara badan tetap membungkuk, sambil kedua bahu dan kepala tetap membelakangi arah lemparan, sementara titik berat badan dipusatkan di tungkai kanan. Jari-jari direnggangkan, jari kelingkin ditekuk dan berada di samping peluru, gunanya untuk membantu menahan peluru agar tidak mudah tergeser dari tempatnya.

Tahapan ini depersiapkan untuk melakukan tolakan yang sebenarnya. Tangan dan lengan yang lain membantu menjaga keseimbangan. Saat seperti itu sikap posisi menolak seperti yang telah disebutkan diatas. Ketika peluru sudah ditolakkan tubuh harus condong ke depan tapi jangan sampai terjatuh dan keluar lapangan tolakan peluru.

Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar anatara 20 mm sampai 6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi. Peralatan Peralatan yang digunakan untuk tolak peluru berikut ini.Fase persiapan, badan membelakangi sektor tolakan atau daerah tolakan, berat badan berada di atas tungkai kanan.

Sambil merendahkan badan, angkat tumit dari tungkai penopang, sementara tungkai belakang di angkat sedikit ke belakang atas. Selanjutnya tekuk tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan. 2. Fase Meluncur.

· Berdiri tegak menyamping kea rah tolakan, kedua kaki dibuka lebar (kangkang), kaki kiri lurus ke depan, kaki kanan dibengkokkan ke depan, sedikit serong ke samping kanan, berat badan berada pada kaki kanan, dan badan agak condong ke samping kanan.

Tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak), tangan kiri dibengkokkan, berada di depan sedikit agak serong ke atas.

Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lempar. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Peluru ini merupakan peralatan utama dalam olahraga ini.

2 Gaya Dalam Tolak Peluru

Bentuknya bulat seperti bola dan terbuat dari besi. Fase Persiapan Mengambil posisi dengan membelakangi arah daerah lemparan dan berat badan berada di atas tungkai kanan. Sambil merendahkan badan, angkatlah tumit dari tungkai penopang, sementara tungkai belakang diangkat sedikit ke belakang atas.

Selanjutnya tekuklah segera tungkai penopang hingga kedua tungkai tertekuk dan posisi badan menjadi lebih rendah dan membungkuk ke depan. 2. Fase. Tolak peluru merupakan diantara dari banyak cabang olahraga atletik.

Bola besi yang berat harus dilemparkan oleh atlet tolak peluru dengan sejauh mungkin. Peluru yang berbentuk bola besi ini adalah alat utama dalam bidang olahraga ini, yakni sebuah besi bulat berbentuk bola. Peluru besi berbentuk bola tersebut dilemparkan dengan cara di.

Das moderne 2-er Set Beistelltische CALA überzeugt durch seine Optik.

Pada fase persiapan berat badan dalam tolak peluru berada di
Rated 4/5 based on 22 review